Berita

3 Gili Siap Menyambut Kedatangan Wisatawan Kembali




Setelah sejumlah bangunan mengalami kerusakan pasca gempa bumi yang melanda pulau lombok beberapa waktu lalu dengan magnitudo 7,0 SR, kini Gili Trawangan, Meno dan Air di pulihkan kembali seperti sediakala dan di persiapkan untuk menyambut kedatangan wisatawan kembali. Belakangan ini, Pemerintah tengah membangun kembali 3 Gili yang ada.

Amenitas amenitas yang ada seperti Dermaga Jetty di Gili Trawangan yang semula rusak parah pasca gempa, kini mulai dibangun ulang. Bahkan, Rabu (15/08) kemarin dermaga tersebut ditargetkan jadi dan dapat digunakan kembali untuk wisatawan yang akan kembali berkunjung.

“Target saya Rabu selesai di Gili (Trawangan). Kemarin Bangsal sudah selesai. Teluk Nare sudah selesai. Trawangan hari ini selesai. Kalau sudah selesai, saya ajak melihat kondisi terkini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB.

Dalam beberapa minggu ini destinasi menuju 3 Gili akan dibuka secara bertahap. “Minggu ini Trawangan kita buka bertahap. Tidak lagi pemeriksaan KTP yang masuk,” pungkasnya.

Dia menerangkan bahwa saat bencana gempa terjadi, tiga Gili (Trawangan, Gili Air dan Gili Meno) mengalami kerusakan, tetapi Gili Trawangan yang mengalami kerusakan sedikit lebih parah.

“Gili Air tidak terlalu parah, hanya kerusakan pada selternya saja. Fungsional dermaga kita bisa gunakan kembali,” terangnya.

Tiga Gili menjadi prioritas pemerintah daerah dalam upaya pemulihan kembali (Recovery), mengingat destinasi wisata tersebut merupakan urat nadi pariwisata NTB.

“Kenapa kita fokus ke Gili, karena di situlah nadi dari kepariwisataan kita. Listrik kita desak untuk terus nyala dan berkoordinasi dengan PLN. Setelah itu Kita promosikan kembali. Kita tidak berani promosi besar-besaran karena kondisinya masih seperti ini. Kita buat website dengan Hastag “#lombokbangkit” paparnya.

Comments

Most Popular

To Top