Berita

Festival Pesona Bau Nyale 2019 “The Precious Culture Of Mandalika”


Bau Nyale, sebuah budaya unik dari masyarakat Lombok yang berasal dari Legenda Putri Mandalika. Bau Nyale berasal dari bahasa Sasak “Bau” yang berarti menangkap dan “Nyale” adalah cacing laut yang berwarna-warni. Tidak sekedar menangkap cacing laut, akan tetapi budaya menangkap “Nyale” ini mempunyai makna yang begitu berharga. Budaya yang Berharga yang diwariskan oleh Putri Mandalika sebagai seorang Putri yang begitu cantik dan berani mengorbankan dirinya untuk kedamaian negaranya. Keberanian inilah yang harus selalu menjadi teladan bagi warga masyarakat Lombok dan menjadikan hal ini sebagai budaya yang sangat berharga. Hingga saat ini, Masyarakat lombok masih sangat meyakini bahwa siapapun yang dapat menangkap Nyale akan beruntung.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI dan Pemerintah Daerah Lombok Tengah kembali akan menyelenggarakan event Festival Pesona Bau Nyale dari tanggal 17 s.d 25 Februari 2019 di Kawasan Pantai Kuta Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Event ini diharapkan dapat mendongkrak angka kunjungan wisatawan yang akan berkunjung ke Lombok dan Sumbawa. Festival Pesona Bau Nyale ini merupakan agenda tahunan masyarakat Lombok dan masuk menjadi salah satu Wonderful of Event yang di canangkan oleh Kementerian Pariwisata RI.

Untuk mendukung kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2019 akan di selenggarakan serangkaian kegiatan sebagai berikut :
– Tgl 17 Feb 2019 : Surfing contest di Pantai Gerupuk,Lombok Tengah.
– Tgl 17 s.d 23 Feb 2019 : Foto contest dengan tema Kegiatan Bau Nyale
– Tgl 18 Feb 2019 : Pengelolaan Desa Wisata Mandalika di Kawasan Mandalika.
– Tgl 19 s.d 23 Feb 2019 : Peresean di Pantai Senek Mandalika.
– Tgl 21 Feb 2019 : Kreatif Dialog di Selasar Bazar Mandalika, Pameran Ekraf,
Pameran Desa Wisata, Fashion Show oleh Samuel Watimena dan Designer NTB, Keynote Speech oleh Menteri
Pariwisata  Narasumber lain oleh Kementerian PDT RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI
– Tgl 22 Feb 2019 : Mandalika Berdzikir di Masjid NurulBilad, ITDC.
– Tgl 23 Feb 2019 : Parade Budaya dipusatkan di Kota Praya Lombok Tengah.
– Tgl 24 Feb 2019 : Grand Final Pemilihan Putri Mandalika,
Kampung Kuliner dan Malam Puncak, Pesona Bau Nyale di Pantai Seger,
– Tgl 25 Feb 2019 : Bersih Pantai di Pantai Seger, Mandalika.


Dan untuk mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan tersebut, Dinas Pariwisata telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, baik dengan Kementerian Pariwisata RI, ITDC dan Pemkab Lombok tengah yang merupakan tuan rumah dari pelaksanaan event tersebut. serta seluruh Pelaku Usaha/Asosiasi Pariwisata yang juga tergabung dalam Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) turut serta dalam mendukung dengan membuat paket Opentrip Festival Bau Nyale 3Malam-2Hari dan paket-paket unggulan lainnya yang akan di pasarkan guna menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat.

Salah satu rangkaian kegiatan event bau nyale ini juga akan turut menghadirkan ustadz Yusuf Mansyur dengan tema kegiatan “Mandalika Berdzikir”. Selain itu dalam rangka menjaga kestabilan konektivitas maskapai penerbangan sudah disiapkan dengan rute HLP-LOP agar tetap terjaga, dan Garuda Airline telah menyiapkan rute-rute CGK-LOP.

Comments

Most Popular

To Top