Berita

NTB Diguncang Gempa 6,4 SR

Gempa dengan kekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada Minggu (29/7/2018). Gempa yang terjadi sekitar pukul 05.47 WIB tersebut terletak pada koordinat 8,4 LS dan 116,5 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 47 km arah timur laut Kota Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 24 km.

Gempa susulan juga masih terus berlangsung. Hingga pukul 05.47.39 WIB, BMKG mencatat telah terjadi 74 kali gempa susulan. Walaupun gempanya dengan kekuatan yang lebih kecil dan tidak berpotensi tsunami. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, mengatakan petugas BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, Tagana, relawan terus melakukan penanganan darurat.

Data sementara dari BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat tercatat: Di Kabupaten Lombok Timur terdapat 8 korban meninggal dunia, 20 korban luka luka dan puluhan rumah rusak.

Identitas korban meninggal dunia: Isma Wida/P/30 thn warga negara Malaysia, Ina Marah/P/60 thn, Ina Rumenah/P/58 thn, dan 5 orang meninggal dunia dalam pendataan identitas oleh petugas. Di Kabupaten Lombok Utara terdapat 2 orang meninggal dunia, dan 20 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru dan Bayan.

Berdasarkan laporan juga terdapat longsor dari Gunung Rinjani. Material longsoran mengarah ke utara pascagempa 6,4 SR. Saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup. Aparat masih melakukan pemantauan terhadap dampak longsor yang ada.

Pemerintah Provinsi NTB meminta masyarakat Provinsi NTB khususnya yang ada di Pulau Lombok untuk waspada terhadap ancaman gempa susulan meskipun dengan intensitas yang kecil serta masyarakat diminta untuk tidak mempercayai berita hoaks yang menyebar pasca gempa.

Comments

Most Popular

To Top