Berita

Launching Sail Indonesia Moyo Tambora 2018

Indonesia kembali menggelar Sail Indonesia yang kali ini NTB berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan event tersebut dengan tema Sail Indonesia Moyo Tambora 2018. Event ini secara resmi di launching pada hari Minggu,15 Juli 2018 di Balai Kartini Jakarta.

Dalam Sambutannya Wakil Gubernur NTB H.Muh.Amin mengatakan selama 8 tahun NTB menunggu realisasi penyelenggaraan Sail Moyo tambora dan Baru tahun 2018 baru terlaksana. Sail Moyo tambora yang diikuti peserta dari 42 negara ini kita harapkan akan menjadi mendorong masuknya investasi serta menjadi sarana mempromosikan pariwisata NTB khususnya Pulau Moyo dan Tambora, Kabupaten Sumbawa.

Wagub H. Muh. Amin yang didampingi Sekretaris Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) Agus Purwoto dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dadang Rizki Ratman mengatakan, Sail Motam 2018 menjadi sarana promosi dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB yang tahun ini mentargetkan 4 juta wisatawan, 2 juta di antaranya wisatawan mancanegara (wisman).

“Kita harapkan event ini menjadi pendorong invetasi dalam upaya meningkatkan perekonomian NTB. Investasi yang masuk ke NTB masih kurang dari 5% dari total investasi nasional yang tahun lalu sebesar Rp 650 triliun,” kata Muh. Amin.

Masuknya investasi tersebut, mendorong pertumbuhan ekonomi daerah NTB tahun lalu mencapai 7,1% atau di atas pertumbuhan nasional. Dampaknya, dapat menurunkan angka kemiskinan hingga 2% dan diharapkan dalam lima tahun ke depan tinggal 1%.

Sementara itu, Sekretaris Daerah NTB, Rosiady Husaenie Sayuti menambahkan, bakal ada beberapa kegiatan menarik lainnya yang turut digelar, baik yang sifatnya parade, olahraga hingga kesenian. Ada juga karapan dan pacuan kuda yang para jokinya merupakan anak-anak dan menjadi salah satu yang ikonik.

“Puncaknya adalah kegiatan yang dihadiri para peserta dari seluruh dunia yang akan memenuhi Moyo,” ucapnya.

Seskemenko Maritim Agus Purwoto mengapresiasi NTB yang konsisten berusaha merealisasikan penyelenggaraan event Sail Motam. “Konsistensi dan kegigihan NTB tersebut berbuah dengan terealisasinya even sail internasional Moyo Tambora 2018 ini,” kata Agus Purwoto.

Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 akan diselenggarakan bersama oleh Pemkab Sumbawa dan Pemprov NTB bekerjasama dengan Kemenko Maritim dan Kemenpar. Event ini merupakan upaya mempromosikan potensi wisata bahari NTB khususnya Pulau Satonda, Pulau Moyo, dan Tambora atau Samota di Kabupaten Sumbawa ke kancah internasional, sebagaimana tema yang diangkat dari Sail Indonesia Moyo Tamboran 2018 yakni Discover Samota.

Sementara itu untuk mensukseskan even Sail Moyo tambora 2018 akan digelar rangkaian acara antara lain; Tambora Vulcano Tour, International Yacht Rally, Culture Performance Moyo Tambora, City Parade, Expo Maritim, Moyo Tambora Fun Run, International Culinary Program, Dialog Budaya Maritim,

Juga Investment Forum, Seminar Internasional Asia Pasifik Geopark Network, Barapan Kebo & Pacuan Kuda, International Paragliding Competition, dan juga pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat setempat.

Comments

Most Popular

To Top