Berita

Membangun Pasar Pariwisata Pulau Sumbawa

MATARAM – untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan di Nusa Tenggara Barat, Dinas Pariwisata bersama stake holder terkait terus melakukan upaya pembenahan di bidang pariwisata. Berbagai paket-paket wisata di tawarkan guna menarik wisatawan untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Barat.

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat mengadakan rapat koordinasi yang bertujuan untuk menyusun paket-paket wisata di Pulau Sumbawa yang di hadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat, Ketua DPD ASITA NTB, Ketua PUTERI NTB dan Pengusaha Pariwisata di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang. Rapat ini berlangsung di Gedung Sapta Pesona Dinas Pariwisata Provinsi NTB.

Kabupaten Sumbawa Barat akan mempromosikan obyek wisata unggulan yang menjadi primadona di Pulau Sumbawa. Paket wisata yang di tawarkan antara lain wisata alam, wisata tambang dan wisata minat khusus. Destinasi yang menjadi primadona di Kabupaten Sumbawa adalah Pulau Kenawa dan Gili Balu bersama 8 gugusan pulau-pulau kecil lainnya. Akses menuju ke Gili Balu dari Poto Tano dengan jarak tempuh sekitar 30-45 menit dapat menggunakan perahu nelayan dengan jumlah kapal yang tersedia sekitar 25 kapal yang beroperasi dari jam 6 pagi sampai dengan jam 4 sore. Untuk harga penyebrangan yang di tawarkan dengan kisaran 400 ribu per kapal untuk pulang-pergi. Harga tersebut dapat di negosiasi.

Di Pulau Kenawa ini juga tidak susah mencari makanan karena sudah ada warung tradisional yang menyediakan makanan dan minuman. Jika Anda ingin melakukan aktivitas di dalam air, Anda dapat menyewa alat snoorkling di Poto Tano.

Dalam rapat ini juga membahas fasilitas-fasilitas yang perlu di siapkan seperti berugak/shelter, toilet, mushola, tong sampah, tim keamanan dan dermaga sandar jetty guna membangun kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kenawa tersebut.Selain Pulau Kenawa, paket obyek wisata untuk Mantar ini di juluki sebagai negeri di atas awan juga disiapkan. Obyek Wisata Mantar dengan ketinggian 600 mdpl terkenal dengan desa wisata budaya dan sport tourism/paralayang. Jarak yang di tempuh melalui Poto Tano ke Mantar sekitar 16 km termasuk off road 6 km. Suhu rata-rata di de Mantar ini pada siang hari mencapai 30 derajat celcius, sedangkan pada sore dan malam suhu rata-rata mencapai 20-24 derajat celcius.

Selain Pulau Kenawa, paket obyek wisata untuk Mantar ini di juluki sebagai negeri di atas awan juga disiapkan. Obyek Wisata Mantar dengan ketinggian 600 mdpl terkenal dengan desa wisata budaya dan sport tourism/paralayang. Jarak yang di tempuh melalui Poto Tano ke Mantar sekitar 16 km termasuk off road 6 km. Suhu rata-rata di de Mantar ini pada siang hari mencapai 30 derajat celcius, sedangkan pada sore dan malam suhu rata-rata mencapai 20-24 derajat celcius.

Fasilitas untuk menginap seperti homestay sudah di sediakan disini. Hanya perlu pembenahan untuk tersedianya fasilitas rumah makan di desa Desa Mantar tersebut.Untuk penyusunan paket wisata di Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa diharapkan agar menyediakan foto-foto dan video yang high resolution guna menarik minat wisatawan untuk siap di pasarkan.

Comments

Most Popular

To Top