Berita

Multilateral Naval Exercise Komodo 2018

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi sumber daya mineral yang besar, potensi pariwisata yang mengagumkan, serta letak geografis yang sangat strategis. Dengan luasnya laut yang dimiliki Indonesia, penjagaan kedaulatan negara tetap harus dipertahankan dengan adanya angkatan laut yang kuat. Oleh karena itu, dalam rangka memperkuat angkatan laut, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 hadir sebagai salah satu wadah pertukaran informasi, menambah pengetahuan, dan juga pengasah kemampuan bagi angkatan laut dengan negara-negara tetangga lainnya. Tidak hanya itu melalui event MNEK 2018 ini, Indonesia berupaya untuk menjalin hubungan baik dengan negara-negara lainnya serta memperkenalkan Indonesia dari segi kepariwisataannya yang didukung oleh beranekaragam kebudayaan, dan adat-istiadatnya.

Pada event MNEK tahun ini, Provinsi Nusa Tenggata Barat mendapat kesempatan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaannya. MNEK 2018 akan dilaksanakan pada Bulan Mei mendatang dan berlokasi di Pelayaran Lembar. Berkaitan dengan hal tersebut Dinas Pariwisata Provinsi NTB dan Lanal Mataram mengundang Instansi-instansi terkait untuk membahas bagaimana rancangan acara dan teknis pelaksanaan kegiatan tersebut. Pada event MNEK kali ini TNI-AL RI mengundang sebanyak 42 negara sahabat untuk berpartisipasi dalam kegiatan kerjasama militer yang berfokus pada bantuan kemanusiaan.

Gambar : Logo Multilateral Naval Exercise Komodo 2018

Oleh sebab itu, event MNEK kali ini akan bertemakan “Cooperation to respond disaster and humanitarian issues” dengan topik yang lebih spesifik adalah tentang penanganan terhadap bencana alam dan permasalahan-permasalahan kemanusiaan. Pada pelaksanaan event kali ini, Nusa Tenggara Barat tentunya akan mendapatkan dampak positif seperti peningkatan angka kunjungan wisatawan, sebab para tamu undangan akan menghabiskan waktu yang cukup lama di Nusa Tenggara Barat khususnya Pulau Lombok.

Berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi NTB bersama dengan LANAL Mataram dan instansi-instansi terkait untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tersebut, baik dari rangkaian kegiatan, hingga teknis pelaksanaan. Dalam rapat persiapan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB membahas tentang pembagian tugas pada tiap-tiap rangkaian kegiatan seperti parade, city-tour, dan culinary program. Diharapkan melalui rapat hari ini, nantinya persiapan acara akan dapat dilakukan dengan matang, dan pada pelaksanaannya acara MNEK 2018 berjalan dengan lancar.

Gambar : Rapat bersama TNI AL NTB & Stakeholder terkait membahas persiapan MNEK 2018

Comments

Most Popular

To Top