Kuliner

Pelecing Kangkung

Cakra Virajati

Pelecing kangkung merupakan kuliner khas masyarakat Lombok Nusa Tenggara Barat yang sejak zaman nenek moyang sampai sekarang masih merupakan makanan primadona Suku Sasak di Lombok Nusa Tenggara Barat. Kangkung merupakan tumbuhan air yang dibudayakan oleh masyarakat lombok di kali-kali kecil dan sawah yang banyak memerlukan aliran air. Air merupakan unsur penentu kualitas kangkung yang dihasilkan. Makan jernih dan banyak sumber air yang mengalir, maka makin tinggi kualitas kangkung yang dihasilkan.

Pelecing kangkung dibuat dengan cara merebus sampai tidak terlalu matang dan diberi sambal yang dibuat dari cabai, terasi dan tomat tentunya disertakan garam dan vitsin, dicampur dengan tauge dan parutan kelapa, disajikan sebagai lauk waktu makan.

Pelecing kangkung bisa anda temui dihampir semua rumah makan, dan ada juga yang dijual tersendiri di bnyak tempat oleh masyarakat lombok. Wisatawan yang berkunjung ke Lombok kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi hidangan pelecing kangkung. Ingat lombok…ingat pelecing kangung.

Comments

Most Popular

To Top