Berita

Puluhan Kapal Perang Dari Berbagai Negara Akan Berkunjung Ke Lombok

Mataram, 06 Februarai 2018 – Dinas Pariwisata Provinsi NTB bersama jajaran Pemprov NTB melakukan Rapat Koordinasi Teknis terkait kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 bersama TNI AL, di Ballroom Kenanga Hotel Grand Legi dalam rangka memantapkan pelaksanaan MNEK 2018 yang akan dilaksanakan pada 4-9 Mei 2018.

Rapat koordinasi teknis dibuka oleh Wakil Gubernur NTB yang diwakili Asisten III Administrasi dan Umum Setda Provinsi NTBH. Imhal, SH. beliau mengatakan Provinsi NTB sudah sering sekali melaksanakan event-event seperti ini baik di tingkat nasional maupun dunia dan sudah diakui dilaksanakan secara sukses. Semoga dari pengalaman-pengalaman tersebut turut dapat mensukseskan acara ini, dan akan mencatat sejarah keberhasilan bagi kita semua. Seperti yang kita ketahui bersama, NTB telah mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah MNEK 2018. Berdasarkan data yang diterima, acara ini akan melibatkan tidak kurang dari 38 negara sahabat. Otomatis dengan adanya acara tersebut akan menghadiri ribuan orang dari seluruh dunia, sehingga event ini merupakan event yang sangat besar, bagus, serta membanggakan.

Gambar : Asisten III Administrasi dan Umum Setda Provinsi NTBsaat menyampaikan sambutannya

Sementara itu kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H. Lalu Moh.Faozal mengatakan Peserta yang didatangkan pada kegiatan MNEK ini adalah wisatawan meskipun yang datang adalah personel militer, tapi dia tetap berwisata di NTB, tetap dihitung wisatawan karena dia menginap di hotel, berbelanja .dll dan itu adalah bagian dari tugas kami. Hal ini juga digunakan sebagai event yang turut menyumbang wisatawan sehingga nantinya target dari kami untuk mendatangkan sebanyak 4 juta wisatawan dapat tercapai, dan sekitar 2 juta diantaranya merupakan wisatawan mancanegara. Maka yang dihadirkan oleh Satgas pada tanggal 5 sampai 9 itu adalah paling tidak adalah bagian dari tugas kami menuju 4 juta wisatawan. Kemudian tentunya “Mengapa Dispar ?” karena memang banyak rangkaian dari MNEK ini yang nantinya bukan berbentuk latihan perang, melainkan lebih banyak aktivitasnya jalan-jalan, selling, dan nantinya kita juga akan melakukan bakti sosial.

Gambar : Kepala Dinas Pariwisata Povinsi NTB saat menyampaikan Sambutannya

Ada dua tujuan kita bertemu dalam forum yang sangat luar biasa ini dalam pertemuan teknis ini :

  1. Sinkronisasi program antara empat kabupaten dan kota untuk mendukung seluruh rangkaian acara MNEK dengan harapan mendapatkan kesesuaian program dari satgas untuk kami dari empat kabupaten dan kota, juga provinsi sehingga dapat mempersiapkan seluruh rangkaian dari kegiatan MNEK ini.
  2. Untuk memastikan sebelum ditandatanganinya PKS yang nanti penyampaiannya akan dilakukan oleh Satgas yang dimana pada hari Kamis akan ditandatangani oleh Bapak Wakil Gubernur, bersama Panglima Armada Timur sebagai dokumen resmi dalam rangka pelaksanaan kegiatan MNEK di NTB.

Kegiatan MNEK 2018 akan dimulai pada saat kedatangan para peserta latihan, baik itu dari kapal-kapal perang ataupun pesawat udara yang akan tiba di Lombok pada tanggal 3 dan 4 Mei 2018. Ujar Rahmad Cahyadi selaku Laksamana Pertama AL.

Kegiatan MNEK 2018 akan diawali dengan Ice Breaking yang akan dilaksanakan di hotel Killa Beach Senggigi yang akan diikuti oleh para head delegation, para komandan kapal perang dan para delegasi peserta latihan. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 5 Mei dengan kegiatan upacara pembukaan latihan Komodo Exercise, dan dilanjutkan dengan kegiatan Fleet Inspection yang akan diikuti, dan disaksikan oleh para head delegation dan para pejabat FKPD. Kemudian kegiatan akan dilanjutkan oleh kegiatan latihan, kegiatan tersebut akan dipusatkan di Hotel Golden Palace di tanggal 5 Mei. Selanjutnya akan diikuti oleh kegiatan Kirab Kota akan dimulai dari depan komplek Islamic Centre. Kegiatan akan dimulai pada pukul 15.00 dan dilakukan pada pukul 15.30. Selanjutnya pada pukul 16.00 kegiatan akan diawali dengan pembukaan Maritime Exhibition yang akan dilakukan di depan komplek Islamic Centre. Kemudian malamnya akan dilaksanakan kegiatan welcome dinner, dimana sebagai host adalah Provinsi NTB, terkhusus kepada Bapak Gubernur Provinsi NTB.

Lalu untuk kegiatan tanggal 6 Mei, akan diawali dengan kegiatan Fun Bike pada pukul 06.00 dan dilanjutkan dengan kegiatan Komodo Mataram Fun Run yang akan diikuti oleh para delegasi, para prajurit-prajurit kapal perang asing, maupun dari Indonesia dan para peserta dari masyarakat Kota Mataram dan sekitarnya. Kegiatan Komodo Mataram Fun Run akan diawali dari depan komplek Islamic Center dengan katagori lomba 5k dan 10k. Kemudian kegiatannya berurutan berlanjut ke culinary program, program memasak ayam taliwang, yang diikuti oleh chef kapal perang asing dan para FKPD. Kemudian kegiatan bersama dengan kegiatan-kegiatan Islamic Centre yaitu para peserta, terutama prajurit kapal perang asing akan mengikuti kegiatan city tour yang akan melewati beberapa titik di NTB, dimulai dari Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Utara. Kemudian bersamaan itu pula para istri-istri personel akan melakukan spouse program juga akan mengikuti dan mendatangi tempat pariwisata di Kota Mataram. Kemudian di siang harinya tanggal 6 Mei pukul 12.00 akan dilaksanakan kegiatan penenggelaman kerangka kapal perang yang telah ditanami bibit-bibit terumbu karang (Underwater Plaque Drowning) yang dilakukan di pantai Gili Trawangan, tepatnya di depan villa Ombak. Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan konsep live streaming, yang akan disaksikan oleh para delegasi, yang pada saat itu sedang melaksanakan kegiatan lunch. TNI-AL telah menjalin kerjasama dengan TV nasional, yaitu Net.Tv untuk melaksanakan live streaming dalam aksi penenggelaman kerangka kapal tersebut.

Pada malam harinya, akan dilaksanakan kegiatan gala dinner, yang menjadi host pada kegiatan tersebut adalah TNI-AL. Kegiatan akan dipusatkan di ballroom Hotel Lombok Raya. Kegiatan ini akan diikuti dan dihadiri oleh head delegation, para komandan kapal perang, dan FKPD NTB. Pada tanggal 7 Mei, rangkaian latihan di Golden Palace dimaksimalkan sebelum kapal perang akan melakukan manuver yang diawali pada tanggl 8 Mei hingga 9 Mei yang terpusat di tengah kota. Sesambilnya kegiatan ENCAP dan MEDCAP, bakti sosial dan bakti kesehatan akan tetap berlangsung. ENCAP sudah dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2018 di Lombok Utara. Kemudian kapal-kapal akan bergerak melaksanakan kegiatan latihan, bermanuver di sebelah utara Pulau Lombok dan sebelah utara Pulau Bali, kegiatan selama 2 hari. Kemudian seluruh rangkaian kegiatan acara akan diselesaikan pada tanggal 9 Mei.

Berikut tugas dari masing-masing pihak yang terlibat pada acara MNEK 2018 ini:

  • Semua Pihak : Melakukan publikasi
  • Provinsi NTB : Welcome dinner, gala dinnner, maritime exhibition, kirab kota, culinary program, spouse program dan city tour, pelayaran kebangsaan, kemah pesisir dan transportasi.
  • Kota Mataram : Berpartisipasi Fun run dan fun bike, culture perform, pembangunan monumen, dan kirab kota.
  • Kabupaten Lombok Barat : Kemah pesisir, sport program di Senggigi, spouse program, pembuatan monumen, city tour, marine village, dan upacara pembukaan.
  • Kabupaten Lombok Utara : Transplantasi terumbu karang, MEDCAP, dan ENCAP terpusat di Pelabuhan Carik.
  • Kabupaten Lombok Tengah: Penyambutan para delegasi di Bandara Internasional Lombok, spouse program dan city tour
  • Kabupaten Klungkung : ENCAP, dan MEDCAP, serta publikasi.
Comments

Most Popular

To Top