Berita

Sembalun Hortikultura dan HUT TNI ke-73 Memperkuat Kebangkitan Pariwisata NTB




Dalam upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi masyarakat, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata yang bekerjasama dengan TNI dan Pemkab Lombok Timur kembali mengadakan Sembalun Hortikultura Festival untuk ke dua kalinya.

Festival ini dalam rangka bulan pesona Lombok Sumbawa dan menyambut HUT TNI ke 73 yang dilaksanakan di Desa Sembalun 29 sampai 30 September 2018.

Selain untuk menampilkan berbagai hasil bumi masyarakat Sembalun, kegiatan ini juga digelar dalam rangka pemulihan bagi para korban akibat musibah gempa bumi yang melanda Lombok beberapa waktu yang lalu.

Festival yang berlangsung selama 2 hari ini dirangkai dengan acara zikir bersama, bakti sosial, pengobatan massal gratis, pemilihan putri bunga, trauma healing dan motivasi bagi guide dan porter Sembalun.

Motivasi Bagi Guide dan Porter di Kawasan Sembalun

Acara ini dihadiri kepala OPD lingkup pemerintah provinsi NTB, pemda Lombok Timur, TNI, POLRI dan masyarakat setempat. Mewakili Gubernur, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan provinsi NTB Ir. Husnul Fauzi secara resmi membuka festival tersebut.

Dalam sambutannya bahwa salah satu misi gubernur adalah fokus dalam percepatan pembangunan pasca gempa. “Yang paling penting dilakukan adalah rehabilitasi rumah baik rumah sementara maupun rumah tetap,” ungkap Husnul. Sabtu (29/9).

“Kami juga terus menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah untuk percepatan masa recovery ini,” kata Kadis Distanbun.

Dalam waktu yang sama Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar, S.I.P. katakan jika TNI itu terlahir dari rakyat dibesarkan dan tumbuh kembang sehingga apapun yang dilakukan TNI bermuara kepadanya untuk rakyat Indonesia. “Atas musibah yang telah melanda kita disini, TNI sejak awal hadir bagaimana cara membantu mengentaskan kesusahan. Apapun itu akan kami lakukan,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala. “Mudah-mudahan masyarakat disana diberi ketabahan dan tidak terjadi korban yang begitu banyak,” harapnya.

Dipilihnya lokasi Rest Area sebagai tempat pelaksanaan acara Festival Hortikultura ini menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB H. Lalu Moh. Faozal adalah untuk memberikan layanan kepada wistawan yang hadir di Sembalun termasuk memfasilitasi masyarakat Sembalun untuk bisa beraktifitas, sekaligus lapak bagi masyarakat untuk bisa menawarkan produknya.

“Tahun ini kita akan selesaikan tahap awal dan untuk tahun depan diselesaikan secara keseluruhannya.” tuturnya.

Faozal juga mengatakan jika pelaksanaan festival ini sebagai pameran hortikultura dimana menampilkan produk sembalun sebagai komoditas utamanya.

Selanjutnya ia turut berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk bangkit dari keterpurukan.

Comments

Most Popular

To Top