Seni Budaya

Tari Gandrung

gandrunglombok.com.jpg

Tari Gandrung merupakan salah satu tarian yang populer di kalangan masyarakat Sasak. Tarian khas yang konon sudah ada sejak zaman Kerajaan Erlangga ini awalnya dipentaskan untuk menyambut prajurit yang pulang dari medan perang.

Tari gandrung bagi masyarakat sasak memuat berbagai makna, seperti ungkapan syukur, suka cita, harapan, sampai dengan kesakralan yang tercermin lewat berbagai sesaji sebelum pertunjukan. Tari gandrung merupakan simbolisasi tentang harmonisasi antara alam dan manusia dicoba untuk digambarkan oleh para penarinya. Ajaran untuk memanusiakan alam memang akrab bagi masyarakat sasak dilombok inilah yang mengiringi kehidupan sehingga membentuk kebudayaan sasak.

Menurut R. D iyah Larasati, makna simbolis lainnya tergambar dalam penepekan, yaitu gerak menyentuhkan kipas antara penari gandrung kepada salah satu penonton makna simbolis yang tersirat dalam bagian ini adalah penyatuan gerak dua dunia, yaitu penari and penonton dalam satu adegan dan arena yang dikenal dengan adegan pengibingan. Penontonnya bisa ikut menari dan bergembira mengimbangi penarinya.

Sumber:
Guide Book Lombok Sumbawa, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB.
Buku Ayo ke Mataram, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mataram.

Comments

Most Popular

To Top